Persyaratan Pendaftaran

A. PERSYARATAN UMUM
  1. Telah lulus SMP, SMP Terbuka, SMPLB dan MTs, memiliki Ijazah dan STL/STK atau Surat Keterangan Lulus dari sekolah (disertai nilai ujian nasional) untuk lulusan pada tahun pelajaran 2017/2018 dan sebelumnya.
  2. Program Paket B memiliki ijasah dan STL Program Paket B Setara SMP Lulus pada tahun pelajaran 2017/2018 dan sebelumnya
  3. Berusia maksimal 21 tahun pada saat awal tahun pelajaran 2018/2019 (tanggal 2 Juli 2018)
  4. Tidak sedang terlibat dalam tindak pidana, narkoba, bertato dan bertindik
  5. Telah mendapatkan PIN untuk pendaftaran 
Untuk mendapatkan pin pendaftaran dapat mengunjungi SMA Negeri/ SMK Negeri Terdekat dengan membawa persyaratan
  • Bagi calon peserta didik baru lulusan dari SMP / SMP Terbuka / MTs Tahun Pelajaran 2017/2018 menunjukkan bukti dan menyerahkan fotocopy Nomor UN (Kartu Peserta UN) dan KK, untuk melakukan registrasi guna mendapatkan PIN ke SMA/SMK Negeri terdekat di wilayah Provinsi Jawa Timur.
  • Sedangkan bagi calon peserta didik baru yang berasal dari luar Kab/Kota, luar Provinsi Jawa Timur, Sekolah Indonesia di Luar Negeri, lulusan Tahun Pelajaran 2017/2018 dan sebelumnya serta lulusan Kejar Paket B, untuk mendapatkan PIN terlebih dahulu melakukan registrasi ke SMA/SMK Negeri dengan :
    a. Menyerahkan fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan menunjukkan aslinya
    b. Menyerahkan fotocopy SHUN dan menunjukkan aslinya atau menyerahkan Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal.


B. TAHAPAN PENDAFTARAN 

1. Jalur Reguler / Umum
Pendaftaran dapat dilakukan secara mandiri melalui portal ppdbjatim.net. dengan menggunakan pin yang telah didapatkan


2. Jalur Prestasi
  1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia
  2. Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal dengan menunjukkan aslinya
  3. Wajib menyerahkan:
    • Piagam/sertifikat asli dilengkapi dokumentasi (foto) sesuai dengan prestasi juara I, II, III yang dimiliki di bidang akademik atau non akademik minimal tingkat Kabupaten/Kota.
    • Surat keterangan berprestasi dari sekolah
    • Untuk setiap kejuaraan beregu maksimal diterima 3 orang dalam satu sekolah berdasarkan zona yang ditetapkan.
    • Sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga yang diakui oleh pemerintah RI

3. Jalur Bidik Misi
  1. Jalur Bidik Misi ini diperuntukkan bagi peserta didik yang miskin dan memiliki prestasi akademik
  2. Calon Peserta Didik diberi kesempatan untuk mendaftar pada sekolah yang berdekatan dengan tempat tinggalnya
  3. Untuk peserta pendaftaran Jalur Bidik Misi menyerahkan:
    a. Foto copy SHUN dan menunjukkan aslinya atau menyerahkan Surat keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal
    b. Surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari Kelurahan/Desa
    c. Foto copy Kartu Indonesia Pintar (KIP) / Kartu Jamkesmas /Kartu Gakin
    d. Foto copy Kartu Keluarga
  4. Calon peserta didik melakukan pendaftaran di sekolah yang dituju dengan membawa semua persyaratan
  5. Sekolah wajib melakukan survey pada calon peserta didik

4. Jalur Mitra Warga
  1. Jalur Mitra Warga ini diperuntukkan bagi peserta didik yang miskin
  2. Calon Peserta Didik diberi kesempatan untuk mendaftar pada sekolah yang berdekatan dengan tempat tinggalnya
  3. Calon peserta didik melakukan pendaftaran di sekolah yang dituju dengan membawa semua persyaratan
  4. Untuk peserta pendaftaran Jalur Mitra Warga menyerahkan:
    a. Foto copy SHUN dan menunjukkan aslinya dan menyerahkan Surat keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal
    b.Surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari Kelurahan/Desa
    c. Foto copy Kartu Indonesia Pintar (KIP) / Kartu Jamkesmas /Kartu Gakin
    d. Foto copy Kartu Keluarga
  5. Sekolah wajib melakukan survey pada calon peserta didik