Sabtu, 03 Juni 2017

Pertanyaan Yang Sering Diajukan (FAQs)

Berikut kami rangkum beberapa pertanyaan sering diajukan dan jawabannya

gambar : http://www.skylineathletes.com


Frequently asked questions (FAQs)  :


Saya ingin ikut jalur prestasi. Tapi untuk jaga-jaga takut tidak diterima, bolehkah saya meminta PIN untuk jalur Reguler ?
Jawab : Jika mendaftar prestasi, silahkan tunggu sampai hasil jalur offline diumumkan. Jika tidak diterima barulah meminta PIN untuk mendaftar di jalur Reguler. Dari simulasi yang dilakukan oleh operator, jika anda meminta PIN terlebih dahulu, maka data anda tidak bisa dimasukkan dalam pendaftar Jalur Offline di dalam sistem PPDB Jatim.
  
Untuk jalur Offline (Prestasi, Bidik Misi dan Mitra Warga) bisakah saya mendaftar di beberapa sekolah yang berbeda, dengan maksud sebagai cadangan ?
Jawab: Anda tidak bisa mendaftar jalur offline pada beberapa SMA Negeri di dalam lingkungan Provinsi Jawa Timur. Karena : (1) Dokumen yang diserahkan saat pendaftaran harus Asli. (2) Sekalipun Offline, data pendaftar tetap akan dimasukkan melalui sistem PPDB Jawa Timur, sehingga pendaftaran ganda langsung akan terdeteksi.

Saya tinggal di Kec. Kencong (zona 5), ingin memilih SMAN 1 Jember sebagai pilihan 1. Apakah harus minta PIN ke SMAN 1 Jember ?
Jawab : Tidak harus. Permintaan PIN bisa dilakukan di mana saja di seluruh SMA Negeri di Jawa Timur. Agar tidak repot, mintalah PIN ke SMA Negeri terdekat di wilayah anda. Sebagai catatan, lokasi permintaan PIN tidak akan mempengaruhi zona anda (karena berdasarkan KK).


Ada kabar jika telah memilih SMAN 1 Jember sebagai pilihan 1, maka tidak bisa memilih SMAN 2 Jember sebagai pilihan kedua
Jawab : Jika domisili anda (berdasarkan KK) berada di Zona 1, maka anda dapat memilih SMAN 1 Jember sebagai pilihan pertama, kemudian SMAN 2 Jember sebagai pilihan kedua. Atau SMAN 3,4 dan 5 Jember sebagai pilihan kedua.

Saya tinggal di Lumajang bolehkah mendaftar ke SMAN 1 Jember ?
Jawab : Boleh, silahkan baca penjelasan mengenai Zona di http://ppdb.sman1jember.sch.id/2017/06/penjelasan-mengenai-zona-sekolah.html

Saya lulusan SMPN 2 Jember, tapi KK masih domisili di Malang. Bisakah saya memilih SMA di Jember pada semua pilihan baik pilihan 1 maupun 2
Jawab : Tidak Boleh jika 2 pilihan semuanya di Jember, karena penentuan zona tidak berdasarkan asal sekolah, tapi domisili yang tertulis di KK. 

Di dalam Jadwal tertulis Simulasi pada tanggal 5-22 Juni 2017, apa maksudnya ?
Jawab : Simulasi digunakan sebagai latihan untuk mendaftar, dalam simulasi ini anda dapat mencoba-coba pilihan yang ada. Simulasi dilakukan melalui portal PPDB Jawa Timur di alamat https://ppdbjatim.net

Jika saya membuat pilihan di dalam simulasi, apakah akan tersimpan sebagai pilihan atau berpengaruh pada pendaftaran yang sesungguhnya?
Jawab: Tidak, simulasi hanya latihan, apapun yang anda lakukan dalam simulasi akan dihapus pada tanggal 23 Juni 2017. Pemilihan yang sesungguhnya baru dimulai pada tanggal 03 Juli s.d 06 Juli 2017 (lihat jadwal)